Menparekraf Sandiaga Uno Beri Dukungan Untuk Tim Robot R2045 Tampil di Ajang First Global Challenge (FGC) 2022

"Kita patut mengapresiasi prestasi dan memberikan dukungan sebesar-besarnya untuk mereka berkompetisi dalam First Global Challenge (FGC) 2022 di Jenewa, Swiss. Kita berharap mereka dapat menjadi juara dalam kompetisi bergengsi ini, " kata Sandiaga Uno dalam keterangan pers, Senin (12/9/2022).

 

Technonatura Depok - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno memberikan dukungan untuk team R2045, yaitu tim robot yang akan berkompetisi dalam First Global Challenge (FGC) 2022 di Jenewa, Swiss, pada 13-16 Oktober mendatang.

"Kita patut mengapresiasi prestasi dan memberikan dukungan sebesar-besarnya untuk mereka berkompetisi dalam First Global Challenge (FGC) 2022 di Jenewa, Swiss. Kita berharap mereka dapat menjadi juara dalam kompetisi bergengsi ini, " kata Sandiaga Uno dalam keterangan pers, Senin (12/9/2022).

FGC sendiri merupakan kompetisi robot internasional yang berlangsung di negara berbeda setiap tahunnya. Nantinya, setiap negara akan mengirimkan satu tim yang dirancang untuk mengatasi masalah-masalah dunia.

Untuk tim yang akan turun dalam FGC 2022 mendatang di antaraya dari Riza Wahono (Lead Coach R2045), Muhammad Fatih (Captain R2045), Ghazy (Spokesperson R2045), dan Azka Hanin (Anggota tim R2045), dan beberapa anggota lainnya.

Ghazy mengungkapkan, robot yang akan diperlombakan bernama Dryomatica. Robot satu ini diambil dari nama Drybalanops Aromatica, yang merupakan spesies pohon kamper. Nantinya robot tersebut akan menjawab tantangan dalam proses pembersihan CO2 akibat carbon footprint.
“Robot kita itu namanya Dyromatica yang diambil dari Dryobalanops Aromatica yaitu suatu spesies pohon yang sudah hampir punah, yaitu pohon kamper,” jelas Ghazy.

Di kesempatan yang sama, Riza Wahono menuturkan adanya robotic ini juga menjadi peluang generasi muda untuk menciptakan berbagai inovasi kreatif. Apalagi, menurutnya dalam robotic juga belajar berbagai hal mulai dari fisika, matematika, bahkan sosial.
"Robotic memberikan peluang untuk anak-anak muda menciptakan berbagai inovasi baru yang kreatif," ujar Riza.

Sandiaga Uno berharap, adanya tim robotic, dapat mengangkat Indonesia dalam revolusi 4.0. Menurutnya, hal ini jadi kesempatan membuktikan kalau Indonesia juga tidak kalah dalam bidang teknologi.“Kita sangat berharap Indonesia juga bisa ikut ke dalam revolusi industri 4.0 ini ternyata kita enggak kalah,” ungkap Sandiaga Uno.
Meski demikian, tidak bisa dipungkiri masyarakat cukup khawatir dengan adanya robot karena takut pekerjaan yang tergantikan. Namun, Sandiaga Uno menegaskan, keberadaan robot nantinya tidak akan tergantikan karena inovasi dan kreativitas pada dasarnya berada pada manusia.“Jangan takut temen-temen di sektor ekonomi kreatif maupun media, selama kita terus mengedepankan inovasi dan kreativitas manusia tidak akan tergantikan oleh robot,” pungkas Sandiaga Uno.

Dalam FGC mendatang, tim R2045 akan mengirimkan 30 anggota terbaiknya untuk berkompetisi dalam ajang tersebut. Kompetisi FGC ini menjadi kali kelima R2045 ikut dalam ajang tersebut.
Sandi berharap tim robotik Indonesia mampu memenangkan beberapa kategori yang dilombakan First Global Challenge 2022 yang akan berlangsung di Jenewa, Swiss.
Tim yang terdiri dari Riza Wahono (Lead Coach R2045), Fatih (Captain R2045), Ghazy (Spokesperson R2045) dan Hanin (Team Carbon Counter Measure R2045) tersebut dijamu Sandiaga di Gedung Kemenparekraf, Jakarta Pusat.
Sandiaga berharap tim robotik R2045 tersebut bisa membanggakan Indonesia dengan menjuarai First Global Challenge (FGC) 2022 ini tentunya.
"Kita patut mengapresiasi prestasi, dan memberikan dukungan sebesar-besarnya untuk mereka berkompetisi First Global Challenge (FGC) 2022 di Jenewa, Swiss," kata Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno secara virtual.

Lebih lanjut, kata Sandiaga, Tim R2045 ternyata sudah sejak dulu telah melakukan adaptasi, inovasi dan kolaborasi dalam membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Khususnya dalam menciptakan robot, di mana membuat bangga Indonesia.
"Kita berharap suatu saat inovasi yang mereka buat dapat dikembangkan dan mungkin saja berguna untuk mengembangkan pariwisata berkelanjutan," terangnya.

Sandiaga juga meminta, agar para peserta yang terlibat untuk menjadi agen promosi pariwisata Indonesia dengan menggaungkan Wonderful Indonesia. Hal itu guna lebih banyak wisatawan mancanegara yang nantinya akan berkunjung ke Indonesia.
Sementara itu, Lead Coach R2045 Riza Wahono menambahkan, tujuan dari partisipasi dalam kompetisi ini adalah untuk mempersiapkan anak muda Indonesia menjadi leader sains dan teknologi di tahun 2045.

"Karena melalui robotic memberikan peluang untuk anak-anak muda menciptakan berbagai inovasi-inovasi baru yang kreatif," ujarnya.
Menariknya lagi nama robot ciptaan anak bangsa ini adalah Drybotnya Geomatika, diambil dari nama Dryobalanops Aromatica yang tak lain jenis pohon kapur.
"Pohon kapur kan sudah langka, jadi kita mau menghidupkan nama tersebut," katanya.

FGC merupakan sebuah kompetisi olimpiade robot terbesar di dunia. Event ini bertujuan, untuk membangun pemuda global masa depan.Tujuan lainnya yaitu memperkenalkan masalah atau tantangan dunia ke generasi muda, seperti energi, akses air bersih, polusi, dan lainnya
Setiap tim akan membangun sebuah robot yang dapat menjawab tantangan lomba sesuai tema yang ditentukan.
Tim Robot Indonesia R2045 akan berkompetisi pada sebuah game dengan tema carbon capture. Ini merupakan simulasi tantangan dunia dalam proses pembersihan CO2 akibat carbon foot print.