Kunjungi Kemenag, Ilham Habibie Bahas Pengembangan Robotik

Ilham Habibie Membahas Perkembangan Robotik

Jakarta (Kemenag) --- Pakar teknologi Ilham Habibie berkunjung ke kantor Kementerian Agama. Putra Presiden RI ke-3 BJ. Habibie ini memberikan perhatian khusus kepada perkembangan robotik di Madrasah.

Kehadiran Ilham Habibie diterima Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A. Umar di ruang kerjanya. Ilham Habibie datang ke kantor KSKK Madrasah didampingi oleh Kepala Madrasah Techno Natura, Riza Wahono dan empat guru lainnya.

Pertemuan singkat tersebut melahirkan sejumlah gagasan-gagasan untuk pengembangan robotik madrasah ke depan. Direktur KSKK Madrasah, A. Umar menyatakan senang setelah berdiskusi dan mendapatkan masukan dari Ilham Habibie terkait pengembangan bidang robotik di madrasah.

“Ada dua hal penting dalam pembicaraan dengan Bapak Ilham Habibie. Pertama, terkait dengan lomba robotik. Kita akan rancang agar lomba robotik tidak hanya sekadar sebagai ajang lomba, tetapi juga ajang sharing pengetahuan, ajang team bulding, dan basis pembuatan komunitas robotik madrasah,” ungkap A. Umar.

Terkait dengan lomba robotik, Umar juga menginginkan agar menggunakan standar internasional. Pada tahun 2021, Direktorat KSKK Madrasah ditargetkan bisa menjadi host penyelenggara lomba robotik internasional.

Topik kedua terkait madrasah-madrasah ketrampilan atau vokasi yang juga harus memiliki basis teknologi robotik. “Madrasah-madrasah Aliyah Kejuruan pun juga diproyeksikan memiliki basis teknologi robotik,” terangnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah prestasi berhasil diukir oleh siswa madrasah dalam bidang robotik, baik tingkat nasional maupun internasional. Kementerian Agama juga telah mengadakan lomba robotik selama tiga tahun berturut-turut.

Comments

Submitted byAdmin on Sun, 07/17/2016 - 18:49

Appropriately communicate adaptive imperatives rather than value-added potentialities. Conveniently harness frictionless outsourcing whereas state of the art interfaces. Quickly enable prospective technology rather than open-source technologies.