CATATAN LOMBA FIRST GLOBAL CHALLENGE 2018, Mexico

 

CATATAN LOMBA FIRST GLOBAL CHALLENGE 2018, Mexico

TIM INDONESIA UNTUK OLIMPIADE ROBOT DUNIA MENDAPAT MEDALI PERUNGGU PADA WALT DISNEY AWARD FOR IMAGINATION ANd CREATIVITY

oleh: A Riza Wahono

 

 

Ada yang beda pada ajang FIRST global kali ini, dimana ada kejutan dengan tambahan award yang dimotori oleh perusahaan animasi dan filem dunia yaitu Walt Disney Award, Walt Disney Award merupakan award yang diberikan pada tim yang secara khusus menampilkan kemampuan untuk menceritakan Amazing stories selama even berlangsung. Dengan didasari pada keberadaan cerita yg menarik , kekuatan karakter dan alat bantu Teknologi.

Dalam sambutannya sebelum penyerahan Disney award kepada tim, Ezequiel Abramzon, Vice President & General Manager, Disney Interactive & Creative Services at The Walt Disney Company (Latin America) menyampaikan bahwa Walt Disney sangat mendukung keberagaman dan berkenan untuk mengangkat cerita atau ide darimana pun dia berasal, dan dia juga menyatakan bahwa Disney mendukung pendekatan STEM pada pendidikan generasi muda.

Ezequiel Abramzon kemudian berkisah bahwa ketika Walt Disney membangun sebuah filem/movie maka dia akan menyandarkan pada 3 hal, Kekuatan cerita, pembanguna karakter dan penerapan Teknologi.

Ezequiel Abramzon, mengamati selama 3 hari even FGC2018 berlangsung dia melihat sendiri pembangunan karakter pada peserta, kegembiraan, saling menyemangati, semangat saling berkerja sama dan seterusnya, dia melihat adanya sebuah Karakter yang luar biasa pada setiap tim yang hadir.dna tentunay penguasaan teknologi robot, Dari sanalah dia kemudian menjatuhkan pilihan siapa yang berhak menerima Disney Award di ajang FGC 2018 tersebut.

Tim Robot Indonesia yang ikut dalam ajang ini dan resmi dilepas oleh Bapak Menteri Agama berhasil mendapatkan appresiasi Walt Disney Award untuk Imaginasi dan Keratifitas yang sangat membanggakan ini. Tim Indonesia diwakili oleh siswa/siswi Madrasah Internasional TechnoNatura mendapatkan sebuah penghargaan tersebut setelah menampilkan sebuah pameran yang memang mengundang banyak decak dan suduran jempol dari peseta datang ke Pit Indonesia.

Jadi apa amazing story dari Tim Indonesia yang membuat Disney tertarik dan berkenan untuk memberikan medali pengahrgaan “Walt Disney award fr Imagination and Creativity” munkin kisah ini sedikit menjelaskan

Sejak awal Tim Indonesia mengusung tema “More than Robot”, jadi disamping robot yang bertanding, Tim Indonesia membawa pesan penyelamatan Orang utan dan keharusan membangun masa depan bagi generasi muda global untuk aktif dibidang STEAM dan tetapi ramah terhadap lingkungan.

Pit Indonesia dihiasi dengan poster besar dengan tulisan selamatkan hutan kami, selamatkan Orangutan jangan rusak bumi demi mencari sumber energy semata membuat polusi, pakailah energy terbarukan. Sejak dihari pertamatim sangat sibuk mendirikan pipa pipa , memasang back drop, dan menghias pit dan menampilkan pit Indoensia sebagai sebuah hutan kecil di arena Ciudad De Mexico. Memajang Angklung sebagai music khas kreasi bangsa indoensia, Tak lupa tim juga memainkan boneka tangan Orang utan yang dijadikan sebagai Ikon dari tim R2045 ini.

Tak lama setelah pit berdiri, kerumunan peserta mulai mendatangi Pit yang memiliki tampilan yang sangat berbeda ini. Pujian dan apresiasi berdatangan baik dari peserta, volunteer maupun dari jury yang mendatangi pit Indonesia.

Di hari kedua tim menggelar sebuah peta dunia besar , dan mengajak setiap peserta untuk menuliskan pesan dan menandai dari mana mereka berasal. Sambil sesekali disela suara angklung yang dipajang di pit Indonesia, maka Lagi lagi inisiatif ini berhasil membuat keramaian yang cukup diarea pit Indonesia

Di hari ketiga di sela sela lomba robot, tim berusaha menjalin persahabatan dengan tim lain, berkeliling berkenalan dan memberikan cendara dan tanda mata kepada tim lain, berbekal boneka komodo dan cendera mata lainnya, tim merayu dan meminta satu bendera nasional dari masing masing negara, dan dalam kurun waktu relatif singkat terkumpullah lebih dari 100 bendera nasional peserta ajang FGC.

Dengan bekal ratusan bendera nasional, Tim kembali ke pit, dan mulai kembali menghias dengan memajang bendera bendera ini diatas poster peta dunia, dan memberikan pesan baru yang universal, bahwa ajang yg keren ini ini harus mampu menyatukan beragam keragaman manuisa dalam menjawab permasalahn dunia secara umum dan permasalahan energy khususnya dan penggunaan pendekatan STEM atau STEAM harus menjadi alternative dalam mengembangan solusi terhadap permasalah dunia tersebut.

Maka tiba tiba pit yang awalnya representasi sebuah hutan kecil di arena, menjadi penuh warna, dengan kibaran bendera dari ratusan Negara dan beragam pesan. Dan tak pelak menarik setiap mata yang lewat , untuk berselfi ria dan berfoto bersama mengabadikan kenangan bersama sesama peserta di ajang FGC2018 ini.

Dalam menghias dan membawa pesan lingkungan ini, tim Indonesia sama sekali tidak menyadari bahwa akan ada kriteria award tambahan, yaitu Disney Award. Tim hanya berusaha berkreasi untuk menciptakan keriangan dan kegembiraan ditengah tengah event yang serius yaitu lomba robot.

Alhamdulillah Misi yang ditampilkan di Pit Indonesia ternaya menarik perhatian jury dan kemudian mengabugerahkan DISNEY AWARD kepada TIM Indonesia

 

AttachmentSize
disney award.1.jpg102.94 KB
disney award.2.jpg58.83 KB

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer